Halaman

Kamis, 24 Mei 2012

Beda SERP dan Link

SERP (Search Engine Result Page). Apa itu? Buat yang belum tahu, coba sekarang sobat buka situs Google. Kemudian ketik dalam form pencarian dengan keyword "tutorial game cashflow", lalu tekan Enter. Lalu sobat akan melihat sederetan daftar pencarian secara default-nya akan memunculkan 10 alamat web dalam satu halaman. Uraian di atas adalah sebagai deskripsi tentang apa yang dinamakan SERP.

Sedangkan link adalah kata atau serangkaian kata (kalimat) yang jika di-klik akan menuju suatu alamat web tertentu.

Lalu apa hubungannya antara SERP dengan Link?

Sebenarnya salah satu cara yang sempat diutarakan para blogger master sebelah untuk bisa masuk ke dalam daftar SERP Google adalah dengan membangun link. Akan tetapi, jika linknya tersebut sembarangan maka sudah barang tentu tidak akan bisa berpengaruh dalam SERP. Nah, ini dia rahasia saya selama ini untuk bisa nangkring di halaman SERP google :

Link Berkualitas
Search engine google lebih mengutamakan link yang berkualitas dibandingkan dengan kuantitas. Loh, katanya semakin banyak yang nge-link ke blog kita, SERP semakin bagus? Maksudnya begini, google lebih mengutamakan satu link yang mempunyai kesamaan topik/tema dengan blog kita, daripada satu link namun berbeda topik/tema.

Contoh kasus:
  • Misal blog sobat bertema belajar SEO blogspot, kemudian di-link oleh blog lain yang bertema belajar SEO.
  • Atau misal blog sobat bertema belajar SEO blogspot, kemudian di-link oleh blog lain yang bertema olah raga.

Nah, dari kedua contoh kasus di atas, menurut sobat mana yang lebih berkualitas??

Inbound Link
Apa itu? Inbound link adalah mengundang minat website/blog lain untuk me-link ke posting/konten blog sobat. Semakin banyak inbound link, maka semakin bagus pula blog sobat di SERP google. Dengan kata lain posting blog sobat laku di pasaran. Disamping itu, apabila blog sobat mendapat link dari sebuah blog yang banyak di link oleh blog lain, maka akan lebih berpengaruh di posisi SERP ketimbang di link oleh blog yang lebih sedikit inbound link-nya. Namun perlu diingat, jangan pernah mengabaikan blog-blog yang mempunyai inbound link sedikit.

Hindari sekali yang namanya Paid Link!
Why...why...??? Uang...uangku sendiri. Blog...blogku sendiri. Ngapain susah...susah! Wah, yang kaya ini..ni disebut mau seenaknya sendiri. :) Paid link merupakan link-link yang memiliki pagerank (PR) tinggi, tapi fungsinya untuk diperjualbelikan/sewa. Jadi apabila blog sobat pengen nyantol di link mereka, terlebih dulu sobat harus membayarnya. Selanjutnya mengapa perlu dihindari? Karena jika blog sobat ketahuan melakukan hal tersebut di atas oleh google, maka bersiap-siaplah untuk mendapatkan pinalti penurunan posisi di SERP. Mau ga? :)

Membangun Link Building
Ini penting! Terkadang apabila blog sobat telah memiliki posisi top SERP, tidak jarang malas untuk membangun link kembali. Padahal semakin top blog sobat di SERP google, seharusnya semakin gencar usaha untuk membangun satu atau lebih link. Hal tersebut dimaksudkan agar blog sobat tetap berada di posisi teratas SERP. Jadi link building merupakan proyek link yang berkelanjutan.

Jika ada pengalaman menarik lainnya dari para sobat pembaca setia dalam usaha untuk menaikkan posisi di SERP, langsung aja berbagi disini lewat kotak komentar! Ok.

1 komentar: